10 Tanda yang Tak Terbantahkan Kalau Kedatangan Bulan Ramadhan Sudah Dekat

| May 19, 2016 | 0 Comments

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat ditunggu oleh umat muslim, termasuk di Indonesia. Pada bulan Ramadhan ini setiap umat muslim di Indonesia memiliki tradisi unik untuk menyambut bulan Ramadhan ini. Di Jawa umumnya di desa-desa, untuk menyambut kedatangan bulan Ramadhan para umat muslim memiliki kegiatan membersihkan makam para leluhur sebelum bulan puasa tiba. Tradisi ini di sebut dengan nyadran, kalu tradisi ini sudah di lakukan di jawa ini sebagai tanda bulan puasa sudah dekat.

Nah, beberapa tanda lain yang dapat kamu lihat secarah keseluruhan di seluruh penjuru negri jika bulan puasa sudah dekat dapat kamu simak dalam tanda-tanda berikut ini.

1. Banyaknya iklan sirup yang muncul menghiasi media dari pada sebelumnya.

Plesetan-Sirup-Marjan
Plesetan iklan sirup di layar televisi via avepress.com

Jika di hari-hari sebelumnya kamu mungkin jarang melihat iklan sirup yang kerap lalu lalang di layar televisimu, itu artinya kedatangan bulan puasa sudah semakin dekat, dan nantinya iklan sirup tersebut yang akan menemani setiap sore kamu di bulan puasa penuh (bahkan lebih), sambil menunggu buka puasa.

2. Kemasan minum bertuliskan pesan-pesan kebaikan.

iklan
Kemasan minuman berisi pesan-pesan mulia via http://google.com

Di bulan-bulan biasa, saat kamu beli air minum kemasannya biasa aja palingan cuma ada merek dan info komposisi. Tapi kali berbeda, banyak sekali pesan motivasi yang ditambahkan dalam kemasan. yaa, tak jauh bedah dengan buku motivator. Meski kadang sering gak nyambung sih, pastinya tujuannya baik supaya kamu makin semangat puasanya.

3. Parsel-Parsel mulai berjejeran di depan supermarket

parsel lebaran
Parsel di super market via https://www.google.co.id/

Lagi mau belanja ke super market, eh tiba-tiba depan pintu super market yang biasanya kosong, kini dipenuhi dengan parsel-parsel yang dijajar. Mulai dari yang kecil dengan isi makanan-makanan ringan yang terjangkau, sampai yang sangat besar dan berisi makanan impor yang lumayan menguras kantong. Tradisi berkirim parsel ini memang sudah lumrah dilakukan di Indonesia pada saat Bulan Ramadhan atau menjelang Hari Raya Idul Fitri.

4. Bermunculan lagu-lagu bernuansa religi di seluruh pelosok tempat umum.

Mulai dari terminal, stasiun, tempat belanja, pokoknya semua yang didatangi banyak orang mengumandangkan lagu-lagu bernuansa religi. Mulai dari Maher Zein, Hadah Alwi, sampai Wali, menjadi playlist yang harus kamu dengarkan di berbagai tempat. Tanpa sadar kamu pun jadi sering menyanyikan lagu-lagu ini karena hampir setiap saat mendengarkan.


5. Beberapa grup band yang mendadak menyanyikan lagu religi.

group band religi
Jadi band religi via https://www.google.co.id/

Band rock yang selama ini kamu kenal tampil dengan garang dengan pakaian yang garang, tiba-tiba muncul di televisi dengan pakaian kukuh dan potongan rambut yang rapi lengkap dengan sorban yang dikalungkan. Tak seperti biasanya yang jingkrak-jingkrak, dengan lembut mereka membawakan lagu bernuansa religi. Ada yang bikinan sendiri, ada pula yang recylce dari penyanyi lama. Mereka pun siap untuk tur ngabuburit di kota-kota. Lumayan supaya ada pemasukan selama bulan puasa.


6. Manekin-manekin departement store menggunakan pakaian muslim.

Kalau biasanya manekin-manekin di departement store memakai rok untuk manekin berbentuk tubuh perempuan dan kemeja untuk manekin berbentuk tubuh laki-laki, kini manekin-manekin tersebut menggunakan pakaian muslim. Yang berbentuk tubuh perempuan memakai jilbab, sementara yang bertubuh laki-laki menggunakan baju kokoh.

7. Mall dihiasi bedug, unta, pohon kurma, padang pasir, dan lain sebagainya.

Kalau bedug dan pohon kurma mungkin masih masuk akal sih. Saat sedang puasa, banyak orang selalu merindukan suara bedug dan mengikuti sunah rasul untuk sahur dan berbuka memakan kurma. Tapi, kalau onta dan padang pasir ini apa hubungannya sama puasa? Yang jelas pemandangan itu akan kamu temui menjelang bulan puasa. Mall yang biasanya paling hanya diberi tempelan diskon, kini dihias sangat ramai dengan nuansa Timur Tengah.


8. Tempat hiburan malam ditutup!

Sepertinya hampir di semua tempat, klub malam tutup saat bulan puasa. Di beberapa tempat bahkan juga menutup tempat karaoke. Namanya sedang bulan puasa, pesta-pestanya libur dulu ya biar fokus ibadahnya. Habis itu? Hmmmm

9. Penjual petasan mulai menjamur di pinggir-pinggir jalan.

Petasan-Laris-Manis-3-Galerry-201307252217321
Penjual petasan bermunculan via https://www.google.co.id/

Tak hanya tahun baru, pada saat bulan puasa pun penjual petasan banyak bermunculan. Ini sangat membantu para jomblo, di mana para jomblo ini nggak ada yang bangunin sahur setiap bulan puasa. Dengan banyaknya anak kecil yang main petasan saat sahur, maka jomblo pun terbantu karena merasa dibangunkan oleh petasan saat sahur.

10. Mendadak banyak teman yang nawarin kue kering.
Bentuk-Kue-Kering
Dioreder kakak! via https://www.google.co.id/

Teman-teman yang jarang main jejaring sosial, tiba-tiba muncul dengan mengunggah gambar-gambar kue kering. Di atas diberi tulisan aneka kue kering bisa order hubungi blablabla. Beberapa pun secara personal menghubungimu untuk menawari memesan kue kering. Sementara, di rumahmu, kamu pun melihat beberapa tumpuk kue kering yang masih utuh sepertinya baru saja dibeli oleh mamamu!

Nah, kalau tanda-tanda ini mulai kamu rasakan akhir-akhir ini, itu tandanya bulan puasa sudah semakin dekat. Siapkan hati dan kuatkan tekad untuk menyambut bulan puasa tahun ini. Selamat berpuasa, semoga puasa tahun ini lancar dan lebih baik dari tahun sebelumnya! Aamin!

Tags: ,

Category: Lain-Lain

Leave a Reply