6 Rutinitas dengan Usaha Minim Ini Layak Kamu Coba Agar wajah Tetap Segar dan Cerah

| June 19, 2016 | 0 Comments

Selain menahan lapar dan dahaga, ada satu tantangan lainnya ketika kamu puasa: menjaga wajah supaya segar dan tetap secerah biasanya. Maklum, waktu tidurmu tidak banyak. Kesempatan untuk minum air putih pun berkurang drastis. Wajar jika penampilan jadi terlihat kusam nan loyo.

Tapi nggak harus seperti itu lho. Dengan perawatan yang tepat, kulitmu bisa tetap cerah dan terlihat segar.

Kulik di sini yuk, apa saja rutinitas perawatannya!

1. Cobalah untuk mengkonsumsi detox water. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan air putih plus lemon dan timun

Detox water

Selama puasa, kamu tentu perlu mengontrol konsumsi air putihmu. Lebih bagus lagi kalau kamu meminum detox water, misalnya air putih yang sudah ditambahkan lemon dan potongan timun. Kandungan magnesium, kalsium, fosfor, zat besi dan zinc-nya bisa lebih menjaga kulitmu tampil cerah selama puasa.

2. Sebelum tidur, aplikasikan moisturizer. Agar kulitmu ‘kenyal’ dan segar setelah terbangun

Moisturize
rutin pakai moisturizer via xovain.com

Rutinitas mengoleskan pelembab atau moisturizer tidak boleh kamu lewatkan. Oleskan moisturizer pada malam hari sebelum tidur, saat kemampuan kulit untuk menyerap bahan pelembab sedang maksimal.

Sebelum memakai moisturizer, pastikan kamu lebih dulu mengaplikasikan toner pada kulit. Moisturizer akan ‘mengunci’ kelembaban kulit yang dihasilkan oleh toner. Jangan sampai terbalik, ya.

3. Supaya nggak “mata panda” gara-gara tidur kurang, pijat saja wajah dengan kepalan tangan.

Senam Muka
Massage dirimu via www.youtube.com

Selama bulan Ramadhan, jatah tidurmu pasti berkurang. Bisa-bisa muncul lingkaran di bawah kedua mata, alias “mata panda”.

Untuk mencegahnya, kamu bisa memijat mukamu dengan lembut memakai tanganmu sendiri. Kepalkan kedua tangan dan pijat bagian wajah, pipi, serta dagu dengan gerakan memutar selama 2 menit. Selain mencegah mata panda, pijat sederhana ini akan memperlancar aliran darah di wajah. Kulitmu jadi tampak cerah, deh

4. Buka puasa pakai apa? Pilihlah menu yang mampu mencerahkan kulit wajahmu

noodle
Pilih menu yang bergizi! via www.careergirldaily.com

Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti almond, wijen, dan kacang kedelai mengandung asam lemak esensial yang bermanfaat memelihara kecerahan wajah. Kamu juga bisa makan buah-buahan seperti stroberi, cherry, anggur, pepaya, dan tomat yang antioksidannya sama-sama bermanfaat mencerahkan kulit muka. Jadi, pilih makanan yang baik untukmu berbuka puasa.

5. Hindari makeup yang tebal. Pilih yang natural supaya kulit bisa ‘bernapas’ normal

make up sederhana
Hindari makeup tebal! via instagram.com

Selama puasa, kulitmu sudah harus beradaptasi dengan jadwal makan, tidur, dan minum air yang sangat berbeda. Jadi sebaiknya kamu tidak memakai makeup tebal, yang bisa memaksa kulitmu bekerja lebih keras lagi.

Kulitmu juga perlu bernapas dengan “lega”. Jadi, pilih makeup natural ya. Bedak tipis, moisturizer, dan sunscreen sudah cukup. Tak usah pakai foundation yang bisa menutupi kulit wajah.

6. Di siang hari, kamu bisa menyemprotkan facial spray agar wajah terhindar dari kesan kusam!

Facial
Pakai facial spray via babyzania.com

Facial spray adalah cara yang gampang untuk mendapatkan wajah yang cerah secara instan. Jangan ragu untuk mengaplikasikannya, terutama saat siang hari ketika matahari sedang panas-panasnya. Kamu kan sudah tidak bisa minum air, tuh. Makanya, facial spray ini penting agar kulit wajahmu tetap bisa terhindar dari dehidrasi!

Bulan Ramadhan, bukan berarti kamu harus tampil dengan wajah yang loyo dan kucel. Terapkan saja ya tips-tips di atas agar wajahmu senantiasa terlihat sehat, cerah dan segar. Selamat berpuasa, semoga kebaikan selalu menyertaimu!

Tags: , ,

Category: Tips, Tips Cantik, Tips Puasa

Leave a Reply