Buka Puasa Bukan Suatu Alasan Untuk Balas Dendam. Ikuti 5 Tips Ini Agar Buka Puasamu TTidak Berujung Pada Sakit Perut

| June 28, 2016 | 0 Comments

Sudah paswi bahwa hal yang paling ditunggu-tunggu setelah seharian berpuasa asalah adzan Maghrib yang menandakan puasa kita hari ini udah finish alias boleh makan lagi. Eits, tapi tunggu dulu. Kebanyakan orang pasti langsung kalap begitu mendengar suara bedug Maghrib. Padahal, faktanya kalau kamu terlalu rakus pas buka puasa, itu akan berujung pada sakit perut. Gaenak baget loh, dah seharian puasa, eh, begitu buka malah sakit perut..

Perut kita sudah kosong selama seharian, jadi ketika berbuka perlu penyesuaian terlebih dahulu. Jadi, jangan asal samber aja tuh makanan berat. Ubah kebiasaan itu yuk! Biar puasa ramadhan tahun ini lebih lancar dan kamu tetep bisa semangat buat menjalaninya.

1. Jangan Termakan Godaan Es Teh Manis dan Kroni-Kroninya

Es teh manis
Es teh manis yang enak buat buka puasa via http://anyinfo4u.blogspot.co.id

Es teh manis atau es kelapa muda itu emang paling keliatan manis sedunia pas jamnya buka puasa. Tapi kamu harus sabar dulu nih jangan langsung minum es walaupun kamu mau banget karena pasti hausnya dobel atau malah tripel. Sebaiknya pas dengar adzan langsung siapin air putih hangat atau teh manis hangat. Biarin perut kamu terisi dengan yang hangat biar gak kaget.

2. Berbuka dengan Kurma

Kurma
Udah manis, bermanfaat lagi. via http://dinimon.com

Seperti yang sudah disunahkan oleh Nabi Muhammad, memang kamu sebaiknya berbuka dengan buah kurma. Rasanya yang manis ini akan mengembalikan energi kamu yang terkuras seharian. Jadi, sehabis minum air putih hangat atau teh hangat manis langsung deh makan kurma. Kurma ini juga punya manfaat untuk membuat kamu gak kalap pas lihat makanan yang ada di meja makan.

3. Konsumsi Kacang-Kacangan

kacang
Kacang ternyata punya protein tinggi via http://irishtimes.com

Kalau kebetulan kamu masih di jalan atau di rumah lagi kehabisan kurma, langsung aja beli kacang sebagai penggantinya. Pilih deh kacang favorit yang paling kamu suka dan jadikan sebagai menu berbuka puasa. Satu genggam kacang favoritmu ini mengandung protein tinggi yang bisa memenuhi kebutuhan protein harian yang diperlukan sama tubuh.

4. Kolak Pisang? Bubur Sum-Sum? Biji Salak? Tenang, Mereka Masih Boleh Kok Jadi Menu Berbukamu

Kolak
Berbuka terasa hampa tanpamu via http://resepkecilku.com

Takjil yang manis-manis ngangenin ini boleh banget dijadikan makanan pertama setelah kamu minum air putih hangat. Pilih deh mau kolak pisang, biji salak, bubur sum-sum, es blewah atau yang lainnya juga boleh. Syaratnya cuma satu nih, kamu makannya jangan terburu-buru pertama biar gak keselek kedua biar perutmu bisa mencerna dengan baik. Gak seru kan kalau habis makan kolak langsung sakit perut?

5. Makan Besarnya Nanti Aja

Makan Besar
Kalo kekenyangan, nanti pas Tarawih nggak bisa sujud, gimana? via http://water-sport-bali.com

Bulan puasa itu pasti kamu banyak mau, apa aja pengen dimakan mulai dari yang manis-manis sampai yang asin atau gurih. Tapi, lebih baik kamu makan makanan berat setelah tarawih. Biarkan perutmu menyesuaikan dan berfungsi seperti biasa. Baru deh setelah selesai tarawih pilih lauk favoritmu untuk menemani nasi hangat.

Tags: , ,

Category: Tips, Tips Puasa

Leave a Reply