Cita Rasa Espanyola dari Churros yang Wangi dan Nikmat Ini Juga Cocok Buat Menemani Buka Puasa

| May 20, 2016 | 0 Comments

Setelah seharian berpuasa, pasti kamu ingin melewatkan moment buka puasa dengan nikmat. Bagaimana jika kamu mulai bosen dengan menu takjil kamu yang itu-itu saja, sedangkan kamu gak punya banyak waktu untuk membuat menu lain yang rumit. Sekali-sekali boleh lah kamu mencoba jajanan Eropa buat makan berbuka nanti. Eits, tapi jangan salah sangka dulu. Meskipun cita rasanya international, Churros khas Spanyol ini gampang banget dibuat di dapur lokal. Pasti kamu gak percaya, coba jajal dulu deh.


Espanyola Churros yang wangi ini akan menemani santap buka puasa kamu nanti.

Espanyola churros
Jajanan trendy ini ternyata bisa kamu buat sebagai takjilmu sendiri via www.bettycrocker.com

Bahan yang kamu butuhkan:

– 120 gram butter tawar
– sdt garam
– 120 gram tepung terigu
– 3 butir telur
– 120 – 240 ml air
– Minyak untuk menggoreng
– 100 gram gula pasir
– 25 gram bubuk kayu manis
– 88 gram chocochips
– 120 ml krim
– 1 sdm sirup mapple

Cara membuatnya sederhana saja:

1. Panaskan butter di dalam panci hingga mendidih. Tambahkan garam dan aduk. Masukkan tepung dan tuangkan air sedikit demi sedikit hingga campurannya berubah tekstur menjadi bola adonan yang empuk (airnya secukupnya saja, tidak perlu dituang semua. Perhatikan apabila tekstur adonannya sudah jadi, berhenti menuangkan air).
2. Pindahkan adonan ini ke dalam mangkuk besar, lalu tambahkan 3 butir telur dan aduk hingga tercampur merata.
3. Panaskan minyak goreng di atas api dengan panas sedang-tinggi.
4. Sambil menunggu minyaknya panas, masukkan adonan ke dalam piping bag (plastik segitiga) yang ujungya diberi mata spuit berbentuk bintang yang agak besar. Tekan adonannya keluar dari piping bag dan masuk ke dalam wajan minyak goreng membentuk batangan-batangan berukuran sedang. Goreng hingga warnanya coklat keemasan, angkat.
5. Di sebuah piring, campurkan gula bubuk dan bubuk kayu manis. Balurkan churros yang sudah selesai digoreng ke dalam campuran bubuk ini!
6. Untuk saus coklatnya, panaskan chocochip, krim dan sirup mapple (bisa diganti sirup karamel) ke dalam panci dan panaskan di atas api kecil sambil terus diaduk-aduk hingga coklatnya meleleh dan menyatu dengan krim menjadi saus coklat yang maknyuss.

Benar bukan? Jajanan ala negeri Eropa juga bisa hadir dengan mudah dan murah di meja makanmu sendiri.

Resep ini diolah dari blog Chelsea’s Messy Apron

Tags: , ,

Category: Kuliner, Resep, Resep Puasa

Leave a Reply