Es Kelapa Muda Doger Segar, Menu Takjil Mudah dan Istimewa

| May 30, 2016 | 0 Comments

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan yang penuh berkah, yaitu bulan Ramadhan. Selain rutinitas ibadah yang harus ditingkatkan, salah satu hal yang ditunggu-tunggu adalah waktu berbuka.

Ya, setelah hampir seharian kita menahan hawa nafsu dari segala godaan, termasuk juga tidak boleh makan dan minum sampai tiba saat berbuka nanti. Berbuka puasa adalah saat untuk kita mengisi dan menyegarkan tubuh kita kembali setelah menjalankan puasa mulai terbit matahari hingga terbenam.

Untuk menu takjilnya sendiri, kebanyakan orang memilih minuman yang manis dan segar seperti es kelapa muda. Es kelapa muda memiliki rasa yang segar, juga mudah untuk dibuat. Selain itu, kelapa muda juga mengandung banyak air dan memiliki kandungan sumber elektrolit alami yang mampu mengatasi dehidrasi tubuh yang mungkin timbul setelah hampir seharian menjalankan ibadah puasa.

Resep-Es-Doger
Es kelapa muda segar via masakansedap.com

Berikut resep mudah untuk membuat es kelapa muda doger segar.

– Bahan utamanya satu buah kelapa muda segar yang sudah dikerok dagingnya.
– Air kelapa muda yang segar secukupnya.
– Buah kolang kaling secukupnya.
– Santan asli dari perasan buah kelapa supaya lebih gurih sebanyak 500 ml. 100 ml untuk membuat saus santan dan sisanya nanti direbus bersama jelly dan bahan lain.
– Sirup coco pandan kurang lebih sebanyak 100 cc.
– Jelly mutiara kualitas bagus secukupnya.
– Tape singkong (jangan terlalu matang) secukupnya. Potong potong kecil supaya mudah dimasukkan ke dalam gelasnya nanti.
– Gula pasir kurang lebih sebanyak 100 gram saja.
– Es batu secukupnya.

Cara membuatnya :

1. Rebus santan, air kelapa, gula pasir dan syrupnya sampai mendidih. Jangan lupa diaduk aduk supaya santan tidak pecah. Angkat dan dinginkan.
2. Siapkan gelas untuk sajiannya. Masukkan tape singkon yang sudah dipotong potong, jely mutiara, kolang kaling secara berurutan.
3. Tuang rebusan air kelapa dan syrup diatasnya.
4. Terakhir tuang es batunya. kalau dirasa kurang manis, tambahkan sirup dan susu kental manis kalau suka.

Tags: , ,

Category: Lain-Lain

Leave a Reply