Es Selendang Mayang yang Klasik Khas Betawi Ini Cocok Kamu Jadikan Menu Takjil Buka Puasa Nanti

| May 26, 2016 | 0 Comments

Takjil manis dan segar. pasti itu yang kamu pikirkan, puasa masih dapat setengah hari tapi kok udah mikirin takjil sih. Tapi gak gak ada salahnya kamu buat rencana menu apa yang pas buat batalin puasa kamu nanti ketika waktu buka sudah tiba. Biar puasanya makin semangat! Minuman tradisional kayaknya cocok. Gimana kalau Es Selendang Mayang. Ya, minuman klasih khas betawi ini bakal buat kamu ketagihan.

es selendang mayang
Es selendang mayang via sheppostory.blogspot.com

Es selendang mayang disebut sebagai minuman Betawi jadul. Ya, karena minuman perpaduan kuah santan, gula dan potongan selendang mayang yang terbuat dari sagu, tepung beras, atau tepung hunkwe ini tak lagi mudah ditemukan. Kamu bisa menemukannya di kawasan Kota Tua atau pada event-event maupun hajatan Betawi di Jakarta. Tapi, setidaknya sekali seumur hidup, kamu mesti nyoba buka puasa dengan minuman ini.

Bahan yang kamu butuhkan:

– 70 gram tepung beras
– 120 gram tepung hunkwe
– ¼ sendok teh vanili bubuk
– 2 lembar daun pandan
– 25 ml air daun suji (25 kembar daun suji dan 2 lembar daun pandan)
– 2 tetes pewarna makanan hijau
– 3 tetes pewarna makanan merah
– ½ sendok teh garam
– 750 gram es serut
– 900 ml air

Bahan bahan membuat sirup es selendang mayang :

– 210 gram gula merah
– 2 lembar daun pandan
– 145 ml air

Bahan untuk santan :

– 650 ml santan (dari 1 butir kelapa)
– ½ sendok teh garam
– 3 lembar daun pandan

Cara membuat es selendang mayang khas betawi :

1. Campurkan air, tepung beras, tepung hunkwe, vanili bubuk, daun pandan serta garam. Direbus sampai meletup letup sambil terus diaduk.
2. Bagi adonan menjadi 3 bagian. Satu bagian diberi pewarna makanan merah, satu bagian diberi pewarna makanan hijau dan air suji serta satu bagian lagi dibiarkan putih.
3. Tuangkan adonan hijau ke dalam loyang (uk 24x10x4) yang sudah diolesi minyak. Ratakan. Lalu tuangkan adonan putih di atasnya dan adonan merah di atasnya lagi. Dinginkan. Kemudian potong jajaran genjang 2 cm.
4. Membuat sirupnya yaitu rebus air bersama gula merah, daun pandan sampai mendidih sambil diaduk rata. Dinginkan dan disaring.
5. Membuat kuah santannya yaitu rebus santan, garam serta daun pandan sampai mendidih. Aduk rata. Angkat, saring dan dinginkan.
6. Letakkan selendang mayang dalam mangkok saji, beri sirup gulanya lalu siram dengan kuah santannya. Tanbahkan es serut.
7. Es selendang mayang khas Jakarta (betawi) siap disajikan.

Tags: , ,

Category: Lain-Lain

Leave a Reply