Hal-hal yang Bisa Kamu Lakukan Supaya Acara Ngabuburitmu Nanti Lebih Seru

| June 11, 2016 | 0 Comments

Wah, nggak terasa sekarang kita sudah memasuki Bulan Ramadhan lagi ya, guys! Di Bulan Ramadhan ini seluruh umat muslim yang ada di seluruh dunia memiliki kewajiban untuk menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Nah, di Indonesia sendiri ada kebiasaan unik yang selalu di lakukan menjelang buka puasa. Yaps, ngabuburit!

Waktu ngabuburit, apa aja sih yang bisa kamu lakuin? Banyak loh, hal-hal seru yang bisa kamu lakuin pas lagi ngabuburit nanti. Ya, sekedar buat ngringanin rasa lapar dan haus. Berikut kegiatan-kegiatan seru yang bisa kamu lakukan saat ngabuburit.

1. Wisata Kuliner

Beli makanan
Beli makanan dan kue-kue sambil nungguin buka puasa via static.republika.co.id

Wisata kuliner waktu ngabuburit itu seru banget. Kamu bisa datengin ke pasar-pasar tumpah dadakan yang biasanya suka muncul saat menjelang buka puasa. Di tempat itu kamu bisa jalan-jalan seru sekalian beli makanan dan cemilan buat buka puasa nanti. Ditambah lagi, di pasar-pasar tumpah seperti ini, kamu juga bisa nemuin cemilan-cemilan khas bulan Ramadhan.

2. Bantu Nyokap Masak

Bantuin masak
Bantuin nyokap masak buat buka puasa via thetravelingtable.com

Jangan cuma bisa makan aja yah, guys! Kamu cobain sesekali bantuin nyokap masak buat hidangan buka puasa keluarga deh. Kalau yang cewek-cewek sih mungkin udah sering, tapi yang cowok juga bisa nyobain bantu nyokap masak. Selain kamu bisa belajar cara masak, kamu juga bisa dapet pahala lebih karena udah berbakti bantuin nyokap masak. Tapi kamu harus bener-bener tahan godaan, godaan puasamu bisa jadi berlipat ganda karena kamu harus mencium enaknya aroma masakan nyokap!

3. Nambah uang saku

nambah uang saku
Jualan takjil bisa nambah uang saku via static.republika.co.id

Isi waktu ngabuburit buat nambahin uang jajan kamu! Kamu bisa ajak saudara atau teman-teman untuk jualan menu buka puasa, seperti kolak, cendol, es buah atau apapun deh yang penting halal. Nggak usah takut rugi atau nggak laku, yang namanya rejeki mah nggak kemana kan? hehe.. Yang penting jangan malu-malu, itung-itung buat nama pengalaman juga. Uang hasil jualan, anggep aja bonus lebihnya!

4. Membaca Al Qur’an

Membaca Al-Qur'an
Mengoptimalkan diri untuk membaca al Qur’an via 1.bp.blogspot.com

Di Bulan Ramadhan kamu juga diberi kesempatan untuk bisa mengoptimalkan ibadah. Nah, kamu juga bisa pergunakan waktu ngabuburit buat lebih giat lagi membaca kitab suci al Qur’an. Nggak cuma asal baca aja loh, tapi kamu harus memahami tafsir dan pesan yang terkandung dalam al Qur’an.

Rasul sendiri juga lebih giat belajar dan mengkaji Qur an ketika Ramadhan. Sebagaimana dinyatakan dalam hadits : Malaikat Jibril menjumpai baginda Nabi saw pada setiap malam di bulan Ramadan, dan mengajarkannya al Qur an. (HR Bukhari-Muslim). Jadi, mumpung bulan Ramadhan, kita rajin-rajin membaca al-Qur’an yuk!

5. Ngajar ngaji di TPA

ngajar ngaji
Mengajar ngaji di TPA via 31.media.tumblr.com

Kalau kamu jago ngaji dan bisa ngajar ngaji, kenapa kamu nggak coba buat ngajarin adik-adik yang lagi belajar ngaji di TPA? Daripada kamu nggak ngapa-ngapain dan ilmu mengaji yang kamu miliki nggak terpakai, lebih baik kamu jadi guru ngaji di TPA kan? Selain seru bisa ngajarin adik-adik yang lucu-lucu, tentunya ilmu yang kamu miliki bisa bermanfaat buat generasi-generasi penerusmu nanti.

6. Dengerin ceramah agama

Dengerin ceramah agama
Mendengarkan siraman rohani di masjid via batamtoday.com

Kalau pas bulan puasa, tentunya bakalan banyak acara-acara siraman rohani di masjid-masjid besar. Kamu juga bisa ikutan kegitan ceramah sambil nungguin buka puasa tiba. Daripada kamu cuma nongkrong-nongkrong gak jelas sama temen-temen kamu, yang ada nanti kamu malah jadi nge-gosip deh. Puasamu seharian percuma aja dong. So, mending kamu perbanyak ilmu agamamu aja dengan ikutin ceramah-ceramah agama yang udah pasti banyak manfaatnya buat kamu.

7. Olahraga juga bisa

olahraga juga bisa
Olahraga saat puasa ternyata penting loh! via 4.bp.blogspot.com

Puasa-puasa kok olahraga sih? Ntar badan malah lemes, dehidrasi trus batal deh! Wah, kata siapa olahraga bikin puasa batal? Itu sih alesannya anak kecil guys.

Berolahraga saat puasa itu punya banyak manfaat loh! Kamu cukup memperhitungankan waktumu berolahraga. Berolahragalah di waktu mendekati buka puasa. Olahraga yang kamu lakukan cukup yang ringan-ringan aja, yang penting tubuhmu bisa bergerak dan berkeringat.

8. Baca-baca buku

baca buku
Baca buku sambil nunggu adzan maghrib via sebandung.com

Baca buku juga bisa menjadi cara yang paling ampuh buat ngeabuburit. Apalagi kalau kamu emang hobi banget baca. Baca buku-buku apapun yang kamu suka, seperti novel, buku motivasi, atau buku pengetahuan tentang Islam. Kalau bosan cuma di rumah aja, kamu bisa baca-baca buku sambil nongkrong di kafe, di tempat penyewaan buku atau di taman kota. Kalau udah serius, nggak kerasa deh kalau tiba-tiba udah adzan maghrib aja!

9. Kegiatan amal dengan orang-orang yang membutuhkan

amal
Buka bersama dengan orang-orang yang membutuhkan via 4.bp.blogspot.com

Bulan Ramadhan emang saat yang tepat untuk lebih banyak berbuat kebaikan. Isi kegiatan ngabuburitmu dengan kegiatan-kegiatan sosial, seperti berbagi buka puasa dengan adik-adik di panti asuhan, atau bisa juga kamu berbagi takjil buka puasa dengan orang-orang yang membutuhkan. Kalau kamu aktif di organisasi sekolah, kampus atau komunitas, jangan lupa untuk selalu mengadakan kegiatan positif seperti ini ya guys!

10. Buka bersama bareng keluarga dan teman

Buka puasa bareng
Buka bersama keluarga atau teman-teman via stat.ks.kidsklik.com

Kalau yang satu ini sih sepertinya udah jadi agenda rutin kalau lagi puasa. Yup, bulan puasa juga waktunya kamu buat menjalin silaturahmi dengan keluarga dan juga teman-temanmu yang mungkin sudah sangat jarang kamu temui. Berbuka puasa dengan keluarga dan teman-teman merupakan sebuah momen yang menyenangkan. Tapi ingat loh, tetep jaga ibadahnya yah, jangan sampai puasanya sia-sia karena terlalu asyik ngerumpi dan nge-gosip!

11. Bersih-bersih rumah

bersih-bersih rumah
Bersih bersih rumah, kan sebentar lagi lebaran! via cdn.aarp.net

Hal kecil apapun yang kamu lakukan bisa jadi berpahala juga loh, asal niatnya baik. Kalau kamu lagi nggak ada agenda apa-apa dan nggak pengen buat keluar rumah. Kamu juga bisa isi waktu dengan bebersih kamar atau rumahmu. Kan sebentar lagi mau lebaran guys! Kalau lagi lebaran, pasti banyak tamu yang akan berkunjung ke rumah kan? Jangan sampai pas lebaran rumah kamu masih berantakan dan nggak terurus. Kan kebersihan juga sebagian dari iman bukan?

12. Tidur juga ibadah

SalmanSiang4
Tidur untuk menyimpan energi via salmanitb.com

Sebuah hadits mengatakan bahwa tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah. Nah, kamu juga bisa kok memanfaatkan waktu ngabuburit dengan tidur. Eits, tapi jangan asal tidur aja loh guys!

Yang dimaksud tidur yang beribadah itu adalah ketika kamu menggunakan waktu istirahatmu untuk tidur demi menjaga energi untuk melakukan amalan ibadah yang lain. Tidurlah saat kamu benar-benar lelah, agar kamu punya banyak energi untuk melakukan sholat tarawih atau amal ibadah yang lain nanti.

13. Nonton TV atau Film

nonton tv
Nonton ceramah agama di TV via lh5.googleusercontent.com

Ngabuburit cuma nonton TV atau film? Why not? Mungkin kamu terlalu malas untuk pergi jalan-jalan karena tahu pasti jalanan macet di mana-mana, kamu bisa nonton tv atau film aja di tumah.

Acara TV nya juga cari acara yang bermanfaat pastinya, jangan cuma sinetron-sinetron yangg nggak bermutu, tapi tonton acara siraman rohani dari ustadz-ustadz yang pastinya banyak disiarkan di televisi. Atau juga bisa nonton film-film yang bertemakan Islam.

14. Hunting Foto

Hunting foto
Hunting foto momen-momen Ramadhan via shnews.co

Kalau kamu punya hobi fotografi, momen ngabuburit adalah momen yang pas untuk kamu abadikan. Sambil menunggu buka puasa, kamu bisa asyik menyalurkan hobimu dengan mengabadikan momen-momen unik khas Ramadhan.

Saking serunya, mungkin kamu udah nggak sadar kalau udah tiba waktunya buka puasa. Tapi jangan sampai kelupaan buka puasa lho, karena membatalkan puasa itu wajib untuk disegerakan.

15. Nyari ta’jil gratis dari masjid ke masjid

takjil gratis
Nyari takjil gratisan via 1.bp.blogspot.com

Biar makin seru, kamu bisa banget nih cobain yang satu ini. Sengajain deh untuk dateng dari masjid ke masjid dan ikut buat dapetin ta’jil gratis. Bukan masalah dapet kue gratisnya sih, tapi disini kamu bisa ngerasain gimana nikmatnya berbuka puasa itu. Ikut ngerasain suasana berbuka puasa berbaur dengan orang-orang lain yang juga sedang menikmati ta’jil di masjid.

Seru bukan ngabuburitnya? Selain makan, kamu juga tetap bisa beribadah. Puasa bukan berarti kamu malah jadi males-malesan guys. Meskipun kamu udah menahan lapar dan haus seharian, bukan berarti pas lagi ngabuburit yang kamu pikirin cuma makan-makan mulu. Pergunakan kesempatan Ramadhan ini untuk tetap bisa beraktifitas yang membawa manfaat buat kamu dan juga orang lain. Dan semoga ibadah puasa kalian selalu lancar ya!

Category: Lain-Lain

Leave a Reply