Ini 6 Manfaat Puasa yang Mungkin Belum Kamu Tahu

| May 17, 2016 | 0 Comments

Hay Guys! Bagi kamu yang muslim pasti udah siap-siap untuk menyambut bulan puasa, ya? Jangan-jangan udah pada nyiapin sirup sama kurma di kulkas, nih? Bolehpboleh aja sih, tapi yang terpenting itu gimana kita menyiapkan fisik dan mental agar siap dan iklas dalam menjalankan ibadah puasa nanti.

Selama puasa, tubuh akan dibiasakan buat makan, kasarnya, cuma 2 kali sehari. Kamu harus siap bangun sebelum subuh buat makan sahur dan nggak makan apa-apa lagi sampai tiba waktu maghrib saat berbuka. Nah, pada siap nggak, nih?

Selain sebagai ibadah wajib buat umat Muslim, puasa ternyata juga punya banyak manfaat baik buat kesehatan tubuh. Mau tau? Yuk, simak!

1. Biasanya makan 3x Jadi 2x, Berat Badan Pasti Turun.

adam-skidmore-ultimate-weight-loss-obesity-surgery-lap-band-bariatric-sleeve-gastrectomy-melbourne-bypass
bisa turun berat badan via ultimateweightlossclinic.com

Di hari biasa kamu mungkin makan 3x sehari, yaitu sarapan, makan siang dan makan malam. Ketika puasa, kamu bakal terbiasa makan 2x aja, waktu sahur dan berbuka.

Nah, mengurangi makan bisa jadi kesempatan besar untuk mengurangi berat badan. Catatannya, pas sahur dan buka kamu makan dengan normal dan nggak kalap. Yang punya tubuh gemuk dan pengen menurunkan berat badan, wajib buat rajin puasa, ya!

Satu lagi nih, ketika tubuh sudah terbiasa menjalani puasa dan mencerna kalori secukupnya atau nggak berlebihan, seterusnya tubuh akan menjaga pola itu. Jadi kalau kamu punya kebiasaan makan banyak, setelah puasa kebiasaan itu bisa berubah.

2. Bakar lemak saat puasa

Makanan yang kamu konsumsi akan di proses tubuh dan diolah menjadi energi yang kemudian disimpan dalam darah. Ketika kamu nggak makan apa-apa alias puasa, tubuh nggak bisa dapat energi dari makanan. Jadi, satu-satunya sumber tenaga adalah lemak-lemak yang emang udah nempel di tubuh kamu.

Ketika kamu tetap beraktivitas selama menjalani puasa, tubuhmu pun akan terus bekerja membakar lemak. Hasilnya? Lemak-lemak ditubuh yang selama ini bikin kamu nggak percaya diri bakal sedikit demi sedikit hilang.


3. Bisa hemat uang saat puasa.

Coba kamu hitung lagi, berapa waktu yang kamu habiskan buat makan atau ngemil. Bisa jadi hal itu mengganggu pekerjaanmu, lho! Misalnya, kamu suka tiba-tiba lapar tiap jam sekali pas lagi di kantor. Kalau udah gitu, kamu buru-buru kabur ke pantry atau mini market buat beli camilan.

Makan 2x sehari tanpa ngemil bisa bikin hidupmu lebih sederhana. Selain nggak mengganggu waktu kerja, tips yang satu ini juga bisa hemat uang jajanmu.

4. Organ pencernaanmu juga butuh istirahat.

eating-too-much-food-restaurant
organ pencernaanmu butuh istirahat via i1.wp.com

Bayangi aja, berapa jam kerja organ percernaanmu? Nggak kayak orang kantoran, pencernaanmu mungkin bisa terus bekerja selama 24 jam nonstop. Ketika kamu mulai makan, pencernaan juga mulai bekerja. Tapi, ketika kamu berhenti makan sekalipun, pencernaan masih terus mencerna makanan.

Pencernaanmu mungkin bisa istirahat ketika kamu tidur. Tapi, kalau kamu hobi begadang sambil ngemil atau keliling tengah malam buat wisata kuliner, kebayang nggak gimana capeknya pencernaanmu?

Puasa jadi waktu yang tepat buat organ-organ pencernaanmu sedikit beristirahat. Gimana pun, sesuatu yang terus-menerus dipakai, bahkan secara berlebihan, bisa cepat rusak.

5. Melatih Tubuh Untuk Mengelola Makanan Secara Efisien

Yup, makan itu soal kebiasaan. Kalau kamu biasa makan banyak atau sering makan, mungkin kamu bakal sedih kalau harus puasa. Tapi, buat kamu yang terbiasa menjaga pola makan, puasa tentu bukan masalah.

Nah, yang namanya puasa emang penting banget untuk melatih tubuh dan semua organ yang terlibat dalam proses pencernaan. Dengan puasa, tubuh bakal terbiasa mengkonsumsi makanan secukupnya dan membuatmu tetap bisa beraktivitas seperti biasa.

6. Biar Tetap Ramping Dan Cantik

tumblr_mcjmh4dRDA1qg7w88o1_500_large
biar ramping dan cantik via 2.bp.blogspot.com

Secara otomatis, puasa berarti menjaga porsi makan dan apa yang kamu makan. Banyak makan nasi pas sahur atau berbuka? Dijamin, pasti bakal ngantuk dan malas beraktivitas. Emang selama puasa, kamu libur kuliah? Libur kerja? Nggak donk ya..

Ketika puasa, kamu bisa lebih memperhatikan apa yang kamu makan dan gimana porsinya. Kamu juga jadi lebih rajin makan makanan sehat, kayak sayur atau buah. Nah, kalau kebiasaan seperti ini bisa terus dijaga, bukan nggak mungkin kamu bisa punya tubuh ramping dan sehat. Tanpa harus diet ketat dan menyiksa diri sendiri, kamu udah bisa tampil cantik!

Nah, itu dia 6 manfaat baik dari berpuasa. Buat yang pengen merasakan manfaatnya, harus pada rajin puasa ya, guys! Selamat berpuasa…

Tags: ,

Category: Lain-Lain

Leave a Reply