[Kuis] Sudah Sampai Manakah Level Puasa Kamu Kali Ini? Tes Disini Kalau Berani

| June 1, 2016 | 0 Comments

Tanpa terasa, kesucian bulan Ramadhan akan kembali kita rasakan. Gimana dengan persiapan kamu untuk menyambutnya, sudah siap Guys? Semoga kalian bisa ngejalanin puasa kali ini dengan khusuk. Amiin! Jangan mudah menyerah meski dihalau berbagai godaan.

Kalian sudah pada tahu belum, kalau menurut Imam Al-Gazali bahwa kualitas ibadah puasa itu terdiri dari beberapa tingkatan tertentu. Jadi gak semua yang berpuasa mulai sahur sampai berbuka itu pahalanya sama. Penasaran gak? Seperti apa sih kriteria tingkatan-tingkatan puasa tersebut? Kira-kira sudah sampai level mana ya? Coba deh kamu jawab kuis dengan sejujur-jujurnya!

1. Apakah arti ibadah puasa menurutmu?

menahan lapar dan dahaga
Menahan lapar dahaga

Menahan Segala Hawa Nafsu
Menahan segala nafsu

Menjaga Nafsu Perbuatan dan Pikiran
Menjaga nafsu, perbuatan & pikiran

Gak makan dan gak minum seharian
Nggak makan & minum seharian

2. Waktu berkendara di jalanan yang ramai, tiba-tiba ada yang nyalip kamu sembarangan! Reaksi kamu adalah…

plototin orang itu
Pelototin orang itu

Memaki
Memaki orang itu!

Istighfar
Istighfar

Ngomel Sendiri
Ngomel sendiri

3. Ada teman kantor/kampus berpakaian cukup terbuka, apa yang kamu lakukan?

Mengalihkan pandangan
Mengalihkan pandangan

Godain dong
Godain dong!

Ngeliatin aja
Ngelihatin aja

Ngomongin dalam hati
Ngomongin dalam hati

4. Teman-teman lagi seru ngegosipin salah seorang anak baru, enaknya ngapain?

Ikut nimbrung
Ikut nimbrung

ikut dengerin
Ikut dengerin

tegus biar diam
Tegur biar diam

pergi menjauh
Pergi menjauh

5. Siang bolong ada orang yang mengetuk pintumu dan minta sumbangan, pendapatmu?

kasih aja deh, biar pergi
Kasih aja deh, biar pergi

alah, paling sindikat pengemis
Alah, paling sindikat pengemis

ini saatnya beramal soleh
Ini saatnya beramal soleh

semoga bermanfaat dan berkah
Semoga bermanfaat dan berkah

6. Pilih kegiatan ‘ngabuburit’ favoritmu!

Buka bersama
Buka bersama!

dengerin kultum
Dengerin kultum

ngajar ngaji
Ngajar ngaji

ngemil gorengan
Ngemil gorengan

7. Setelah salah tarawih kamu memilih untuk melakukan…

shalat witir
Shalat witir

tadarus dulu lah
Tadarus dulu lah~

tarawih
….. Tarawih?

makan malam
Makan malam

8. Bagian dari apakah tulisan berikut:

Al-qur'an surat Albaqarah
Al-Qur’an, Surat Al-Baqarah

Ayat 138
Al-Qur’an, Surat Al-Baqarah Ayat 138

Ayat 381
Al-Qur’an. Surat Al-Baqarah Ayat 381

Ayat 183
Al-Qur’an, Surat Al-Baqarah Ayat 183

Tags: , ,

Category: Lain-Lain

Leave a Reply