Olahraga Saat Puasa Itu Penting. 6 Olahraga yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tetap Bugar Selama Puasa

| May 16, 2016 | 0 Comments

Libur dari aktivitas dan kesibukan rutin ketika bulan puasa bisa menjadi alasan utama kita untuk bermalas-malasan sepanjang hari. Bagun siang, nonton dvd, main hape, dan tidur lagi itu pasti jadi kegiatan sehari-hari selama puasa. Akuin aja!

Tahukah kamu, kebiasaan bermalas-malasan sepeti ini akan berpengaruh buruk terhadap kesehatan mu, lho. Meskipun sedang menjalankan ibadah puasa, berolahraga tetap menjadi kegiatan yang yang penting untuk dilakukan. Jangan sampai selama bulan puasa ini berat badanmu tambah naik, duh!

Nah, meskipun olahraga selama puasa terdengar berat, namun hal itu tidak mustahil untuk dilakukan. Tapi perlu diperhatikan bahwa tidak semua jenis olahraga cocok dipraktikkan selama berpuasa. Olahraga berat seperti latihan beban sebaiknya dihindari karena dapat membuat tubuh menjadi cepat lelah.

Olahraga lain seperti menyelam atau berenang juga tidak disarankan untuk dilakukan, bukan apa-apa, takutnya air terminum dan puasa menjadi batal, hehehe. Lalu apa saja olahraga yang disarankan? Simak enam jenis olahraga berikut yang dapat kamu lakukan selama puasa!

1. Selepas sahur dan sholat subuh jangan langsung tidur lagi! Lanjutkan dengan jalan-jalan pagi ke sekeliling komplek rumah.

Joging
Jalan-jalan plus rumpi tetangga via http://otramedicina.imujer.com

Selama puasa, olahraga ringan seperti jalan-jalan sangat disarankan. Kamu bisa melakukannya selama tiga puluh menit hingga satu jam sembari menikmati udara pagi hari yang segar. Saat berjalan-jalan di sekeliling kompleks rumahmu, dijamin kamu akan menemui banyak ibu-ibu, bapak-bapak, atau bahkan kakek nenek yang melakukan kegiatan serupa!

Nah lho, yang sudah berumur saja tetap semangat menjaga kesehatan, masa kamu tidak? Tak ada salahnya juga kamu bertegur sapa dengan mereka, hitung-hitung silaturahmi antartetangga. Ohya, olahraga jalan-jalan seperti ini bisa juga kamu lakukan di sore hari bersama adik-adikmu.

2. Apakah sepedamu telah berdebu tak tersentuh di pojok garasi? Ini saatnya untuk mengayuh sepedamu lagi!

Nostalgia masa kecil

Nostalgia masa kecil via http://perfiniti.com

Bersepeda dapat menjadi kegiatan alternatif untuk ngabuburit. Tidak perlu terlalu ngoyo, bersepedalah sesuai dengan kemampuan. Kalau perlu, ajak teman atau saudaramu agar bersepeda terasa asyik dan menyenangkan layaknya waktu kecil dahulu.

Bersepeda merupakan salah satu olahraga kardio yang dapat menyehatkan organ jantung, menjaga keseimbangan berat badan serta meminimalisir sakit punggung. Nah, jika cuaca di luar terlalu panas, kamu bisa bersepeda di dalam rumah dengan menggunakan alat olahraga sepeda statis (jika kamu punya).

3. Sucikan hati dan pikiranmu selama bulan puasa dengan menjajal olahraga yoga.
Sejukkan pikiranmu dengan yoga

yoga
Sejukkan pikiranmu dengan yoga via http://flying-yogis.de

Meskipun terlihat “begitu-begitu aja”, olahraga yoga sebenarnya juga cukup melelahkan jika dilakukan secara maksimal. Selama berpuasa, kamu dapat mempraktikkan gerakan-gerakan yoga yang sederhana sesuai dengan kemampuan.

Yoga sangat bagus untuk melatih kelenturan otot, pernafasan, dan dapat mempercepat proses detoksifikasi. Dengan demikian, yoga dapat mambantu meningkatkan stamina tubuh sehingga kamu nggak lemes dan tetap bugar walaupun berpuasa.

Yoga juga identik dengan meditasi. Selama melakukan yoga, ketenangan pikiran menjadi unsur yang penting. Kamu akan banyak disarankan untuk memikirkan hal-hal yang positif saja sehingga dapat membawa kedamaian dan menghilangkan racun-racun pikiran. Cocok banget kan dengan semangat Ramadhan?

4. Jogging dapat menjadi aktivitas pilihan untuk ngabuburit di sore hari.
Yo gerakkan bagan!

bagi kamu yang hobi olahraga lari, kamu bisa melakukan jogging saat sore hari menjelang buka puasa. Dengan demikian, energi yang hilang selama berolahraga bisa segera terganti ketika berbuka.

Jogging selama puasa idealnya dilakukan selama tiga puluh menit. Lakukan jogging di tempat yang sejuk agar kamu terhindar dari dehidrasi. Kamu juga bisa memanfaatkan treadmill yang kamu miliki sehingga tidak perlu repot-repot menunggu cuaca yang bersahabat.

5. Futsal bersama teman-teman lama sehabis tarawih boleh juga tuh!

Reuni sambil berkeringat
futsal
Reuni sambil berkeringat via http://padmanaba.or.id

Selagi liburan begini, kontak teman-teman lama dan ajak futsal bersama. Futsal dapat dilakukan setelah tarawih hingga tengah malam. Jika ingin lebih lama ngobrol bersama teman, boleh juga tuh buat kegiatan buka bersama, tarawih, futsal dan lanjut sahur on the road bareng. Mantap!

6. Mager ke luar rumah? Ya sudahlah, kamu masih bisa bersih-bersih rumah kok!
Sang asisten ibu

bersih

Daripada hanya tidur-tiduran dan bermalas-malasan, kamu bisa membantu ibu atau si mbak bebersih rumah. Lakukan semua pekerjaan rumah mulai dari menyapu, mengepel, mencuci pakaian, merapikan barang-barang yang ada di seluruh penjuru rumah, dan lain-lain. Pekerjaan yang terlihat sepele ini mampu membakar kalorimu juga, lho. Bersih-bersih rumah selama lima belas menit dapat membakar hingga tiga ratus kalori. Sudah seperti olahraga saja kan?

Tags: ,

Category: Lain-Lain

Leave a Reply