Tips Tahan Laper Anti Baper saat Berpuasa

| May 17, 2016 | 0 Comments

Bulan yang dinanti-nanti para umat muslim sudah tiba. Yaa, bulan suci Ramadhan sudah kembali kita rasakan, di bulan yang penuh berkah ini para umat muslim saling berlomba untuk menmdapatkan pahala. Tapi jangan lupa apa yang diwajibkan ya!!
Baper karena lapar emang udah biasa, tapi jangan biarkan rasa bapermu itu terus kamu rasakan. berikut tips sehat saat puasa tahan laparmu anti baper.
Selamat mencoba !

1. Atur Pola Tidur.

Untuk tips yang pertama ini, atur waktu tidur. Dimana waktu tidur yang kurang secara tidak langsung juga akan berpengaruh pada nafsu makan, metabolisme tubuh, dan yang pastinya sekresi enzim ddan hormon yang ada didalam tubuh.

Jadi usahakan sebelum melaksanakan ibadah sahur tidurlah terlebih dahulu, nggak usah sok-sok an ‘belum tidur karena nunggu ada yang ngucapin selamat tidur’, kalau itu kamu lakuin yaa siap siaplah begadang semaleman, udah tau jawabannya kan mblo?

Waktu tidur optimal seseorang adalah 7 jam (menurut penelitian yang dilakukan pada universitas california, nggak pakek fried chicken ya !), lebih atau kurang dari waktu tersebut juga berdampak kurang baik pula terhadap tubuh kita. Dampak yang paling dominan yang akan Hipweers rasakan adalah fresh, nggak mau kan kalian besok pada lemes atau nggantuk?

Set Alarm ketika akan bangun sahur atau minta bangunin siapa pun deh yang penting kamu biasa bangun hehe…

2. Atur Pola Makan.
images-19
Tahan laper via tehnikdiet.com

Nah untuk tips yang kedua ini juga nggak kalah pentingnya, pengalaman pribadi saat akan berbuka puasa pasti kita akan di bingungkan dengan mekanisme, ‘makan yang mana dulu ya?’ padahan ada yang bilang tuh “berhentilah makan sebelum kenyang!” karena saat laper pikiran mu jadi kosong dan anggepan kamu jadi “Jangan berhenti makan sebelum kenyang” tumpukan karet gelang pun jadi dikira indomie goreng, iya nggak?

Percayalah saat perut kosong semua makanan akan terlihat menggoda, seakan akan mereka berbisik ‘makan aku makan aku. .’

Nah tipsnya jaga keimanan kalian, saat berbuka mulailah dengan makanan yang ringan, ringan disini dengan artian yang mudah diserap oleh tubuh. Misalnya saja air putih dan kurma, kenapa kurma? karena kurma mengandung karbohidrat yang kompleks yang mudah diserap oleh tubuh, jadi kalau kalian berbuka dengan yang manis itu adalah salah. Karena yang manis pasti berujung sakit #baper, mau kena diabetes? Udah jomblo terus penyakitan? kelar hidup lo mblo!

Selain itu makanlah makanan selain bergizi tapi juga kaya serat, agar pencernaan lancar. Nggak mau kan diundang bukber lalu disana kalian dikira hamil, nggak tau nya kalian jomblo tapi sembelit 3 minggu?. Jangan makan makanan yang terlalu pedas, terlalu asam, terlalu asin, maupun terlalu basi apalagi makan temen.

Yang terakhir yang nggak kalah pentingnya yaitu konsumsi air yang cukup, kalian bisa pakek rumus 2-4-2, dua gelas waktu buka puasa, empat gelas dimalam hari, dan dua gelas di waktu sahur. Pentingnya kebutuhan air? coba buka lagi buku pelajaran SD kalian.

3. Olahraga.

Yap olahraga, puasa bukan menjadi penghalang untuk melakukan banyak hal, salah satunya adalah olahraga. Di era sekarang olahraga sudah menjadi bagian dari gaya hidup atau lifestyle. Olahraga kini banyak hadir dengan berbagai pilihan yang beragam, tentunya sesuai dengan kebutuhan Hipweers, misalnya ada yoga, pilates, lari, atau kalo buat kalian para jomblo yang suka dengan keramaian cobalah datang ke fitness centre, barangkali jodoh kalian ada disana.

Kalau ada orang yang bilang ‘witing trisno jalaran saka kulina’ yang artinya adalah cinta tumbuh karena terbiasa, mungkin jika kamu sering kali fitness mungkin saja jodoh kamu adalah personal trainer disana, tetap semangat ya mblo!

Terlepas dari apapun pilihan olahraganya, yang terpenting adalah saat berolahraga tubuh akan menghasilkan keringat, dengan menghasilkan keringat tubuh melakukan detoxifikasi terhadap racun racun yang ada selain itu tubuh akan lebih segar.

Alasan klasik yang selalu muncul adalah ‘waktu’ ya nggak punya banyak waktu untuk olahraga, sedangkan punya banyak waktu untuk stalker medsos mantan eeeh, oke tipsnya buat kaum kaum seperti ini adalah lakukan dari kebiasaan kebiasaan kecil yang bisa kita ubah menjadi olahraga.

Misalnya saat dikantor pilihlah menggunakan tangga dibanding lift sebagai pengganti olahraga, bisa dibayangkan jika kantor kalian berada pada lantai 40, niscahya sendi akan selalu terpelihara, hahaha. Atau kalau nggak coba ikatkan gagang sikat gigi anda dengan barbel 40 kg, insyaAllah gigi bersih badanpun sehat, selamat mencoba!

4. Lakukan Hal-Hal yang Bermanfaat.

Seperti yang saya tulis di tips sebelumnya ‘puasa bukan menjadi penghalang untuk melakukan banyak hal’. Jadi jangan cuma guling-guling dikasur seharian atau kerjaannya menghitung mundur waktu buka puasa, ‘kurang berapa jam lagi ya kira-kira?’.

Jika kalian suka baca buku, maka bacalah buku sebanyak-banyaknya atau kalian suka travelling? lakukanlah! Banyak hal positif yang bisa dikerjakan, misalnya beribadah yap banyak bermunajat mblo, jangan cuma guling guling dikasur stalker medsos mantan, keluarlah!

Hipweers juga bisa membuat kegiatan positiv misalnya buka bersama anak yatim, baksos, atau hal-hal lain yang positif. So, masih mau tiduran aja? pantesan lo jomblo! hahahaaa…

5. Berfikir Positif.

Tips pamungkas atau yang terakhir yaitu harus berfikiran positif, atau positive thinking. Karena segala sumber penyakit berasal dari fikiran. So, bebaskan fikiran kalian dari energi-energi negatif.

Pikirkan hal-hal yang baik baik saja, energi yang positive akan membuat orang lain nyaman didekat anda, dengerin mblo!. Contoh sederhana dari positif thingking, kalau gebetan kalian nggak ada kabar 2 bulan.

Eeeits… harus tetep positive thinking, barangkali dia sibuk, atau temen kalian nikung gebetan lo yah mungkin dia kesepian, kenapa kalian masih jomblo? yah mungkin belom ada yang mau, terus berfikiran positif ya. Selamat Mencoba, Semangat 🙂

Tags: ,

Category: Tips, Tips Puasa

Leave a Reply